Oktaviola, Oktaviola (2023) Upaya guru dalam mengembangkan keterampilan melalui metode bercakap-cakap pada Anak Usia Dini di TK Satu Atap Lepar Pongok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1612059 (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1612059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (432kB) | Request a copy
BAB II_1612059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (522kB) | Request a copy
BAB III_1612059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (519kB) | Request a copy
BAB IV_1612059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (394kB) | Request a copy
BAB V_1612059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (181kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1612059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan observasi yang telah dilakukan di TK Satu Atap Lepar Pongok masih ada beberapa peserta didik yang kurang aktif saat proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji 2 aspek yaitu: Pertama Upaya guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara, Kedua Hasil dari Upaya guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara melalui metode bercakap-cakap di TK Satu Atap Lepar Pongok. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan upaya guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara terjadi perubahan pada 5 anak yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan yang mengalami perkembangan dalam aspek bahasa terutama keterampilan berbicara. Metode bercakap-cakap dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Satu Atap Lepar Pongok.
terdapat beberapa indikator yang ada pada anak yaitu: anak sudah mampu mengulang kembali kalimat sederhana, anak mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan, anak sudah mampu menyebutkan kata-kata yang dikenal, dan anak mampu memperkaya perbendaharaan kata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode bercakap-cakap; keterampilan berbicara |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Oktaviola Oktaviola |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:17 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 04:17 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1070 |