Rara, Rara (2023) Pengaruh bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving terhadap perencanaan karir peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1915058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_1915058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (226kB)
BAB II_1915058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
BAB III_1915058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (539kB)
BAB IV_1915058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (166kB)
BAB V_1915058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
DAFTAR PUSTAKA_1915058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (104kB)
Abstract
Dari hasil observasi dan data menunjukan cukup banyak peserta didik yang masih ragu dalam mengambil keputusan dan bahka masih ada yang belum punya perencanaan karir. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahu pengaruuh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving terhadap perencanaan karir peserta didik. Bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menentukan informasi,menyelesaikan permasalahannya, serta menemukan jati diri dan perencanaan karir. Dikarnakan perencanaan karir merupakan hal penting untuk menjalan idup menuju lebih baik.
Penelitian ini merupakan penelitia kuantitatif asosiatif dengan mengambil latar belakang SMA Negeri 2 Toboali. Teknik yang digunakan dakam prosedur pengambilan data ialah perencanaan karir, lalu memberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan tujuan membantu peserta didik dalam menemukan jati diri. Serta membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan mengenai perencanaan karir peserta didik. Setelah diberikan bimbingan kelompok kepada peserta didik dengan tujuan untuk mengatahui perencanaan karir setelah dilakukan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving.
Hasil penelitian tahap awal yaitu ppembagian angket perencanaan karir kepada peserta didik sebelum dimulainya bimbingan kelompok. Pada tahap ini terlihat masih cukup banyak peserta didik belum memiliki perencanaan karir. Setelah mengetahui hasil ditahap awal peneliti mulai melakukan bimbingan kelompok kepada peserta didik di SMA Negeri 2 Toboalidan ada bebrapa tahap dilalui peserta didik sebelum melakukan bimingan kelompok. Pada tahap ketiga dimana penelitian membagikan angket yang sama sepeti tahap pertama kepada peserta didik, setalah dilakukan bimbingan kelompok peningkatan peserta didik dalam perencanaan akrir sangat meningkat dan cukup dikata gorilan tinggi. Jadi hasil penelitian ini adanya peningkatan perencanaan karir peserta didik SMA Negeri 2 Toboali setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bimbingan kelompok;teknik problem solving;perencanaan karir |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rara Rara |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 08:22 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 08:22 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1065 |