Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dengan keluarga bercerai melalui layanan konseling kelompok di SMP Negeri 3 Lepar Pongok

Suranda, Ogit (2023) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dengan keluarga bercerai melalui layanan konseling kelompok di SMP Negeri 3 Lepar Pongok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1815049-1.pdf] Text
Halaman Awal_1815049-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1815049.pdf] Text
BAB I_1815049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of BAB II__1815049.pdf] Text
BAB II__1815049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[thumbnail of BAB III_1815049.pdf] Text
BAB III_1815049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of BAB IV_1815049.pdf] Text
BAB IV_1815049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[thumbnail of BAB V_1815049.pdf] Text
BAB V_1815049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_ 1815049.pdf] Text
Daftar Pustaka_ 1815049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dengan keluarga bercerai melalui layanan konseling kelompok di SMP Negeri 3 Lepar Pongok. Adapun tujuan dalam peneliti untuk mengetahui proses pemberian layanan konseling kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar dengan keluarag bercerai di SMP Negeri 3 Lepar Pongok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yang memberikan hasil pengumpulan data digunakan peneliti berupa wawancara, observasi dan dokumtasi, subjek dalam penelitian ini yaitu guru BK dan Peserta Didik kelas VII samapai kelas IX yang bermasalah. Observasi dalam bentuk non partisipan, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dengan keluarga bercerai melalui layanan konseling kelompok di SMP Negeri 3 Lepar Pongok. Melalui tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap pengakhiran. Layanan dilaksanakan oleh guru BK berdasarkan program yang sudah ada. Melalui layanan konseling kelompok guru BK dapat membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar. peserta didik dengan keluaraga bercerai di SMP Negeri 3 Lepar Pongok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: peran guru BK; kesulitan belajar; keluarga bercerai peserta didik; layanan konseling kelompok.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ogit Suranda
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:10
Last Modified: 05 Sep 2023 06:10
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item
View Item