Oktavia, Helni (2023) Pengaruh kegiatan pencampuran warna terhadap kemampuan kognitif anak usia 5 - 6 tahun di UPTD TK Negeri Pembina Merawang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1912020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (599kB)
BAB I_1912020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB)
BAB II_1912020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (236kB)
BAB III_1912020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (215kB)
BAB IV_1912020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
BAB V_1912020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB)
DAFTAR PUSTAKA_1912020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (122kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang belum mengenal tentang pencampuran warna yang dapat menghasilkan warna baru sehingga kemampuan kognitif anak belum berkembang. Kemampuan kognitif merupakan proses cara berpikir anak terhadap memperoleh pemahaman dalam memecahkan suatu masalah. Kegiatan pencampuran warna dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kegiatan pencampuran warna terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di UPTD TK Negeri Pembina Merawang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan pencampuran warna terhadap kemampuan kognitif
anak usia 5-6 tahun di UPTD TK Negeri Pembina Merawang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah sebagian dari kelas B1 dan B2 tentang teknik pengambilan sampel yang
menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan uji statistik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan software SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pencampuran warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini dapat dilihat dari uji Independent
Sampel T-Test dimana menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dimana 0.000 ˂ 0.05 (5%). Berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan pencampuran warna terhadap kemampuan kognitif anak usia 5 – 6 tahun di UPTD TK Negeri Pembina Merawang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kegiatan pencampuran warna;kemampuan kognitif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Helni Oktavia |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 04:49 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 04:49 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1055 |