Kasturi, Muri (2023) Penerapan metode team quiz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas v mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SD Negeri 7 Bakam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_ 1711110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_ 1711110.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (407kB) | Request a copy
BAB II_ 1711110.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (362kB) | Request a copy
BAB III_ 1711110.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (582kB) | Request a copy
BAB IV_ 1711110.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (566kB) | Request a copy
BAB V_ 1711110.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1711110.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (377kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dengan materi mengenal nama Allah dan kitab-Nya, yang disebabkan peserta didik masih sulit menyerap pelajaran dikarenakan penggunaan metode belajar yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan setelah penerapan metode team quiz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SD Negeri 7 Bakam.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan mengggunakan jenis penelitian eksperimen desain quasi eksperiment desain dengan pola noneequivalent group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode team quiz dan variabel terikat ialah hasil belajar peserta didik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yang dijadikan populasi dan sampel berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 soal tes uraian. Teknik analisis data menggunakan 2 pengujian yakni uji paired sample t-test dan Independent sample t-tes.
Hasil pengumpulan data dan analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada materi mengenal nama Allah dan Kitab-Nya melalui penerapan metode team quiz mengalami peningkatan pada kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest ke posttest mengalami peningkatan pada kelas eksperimen dengan rata-rata 57,58 ke 76,42. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah diterapkan metode team quiz. Didukung uji hipotesis dengan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) k.eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 dan sig.(2-tailed) k.kontrol 0,002 < 0,05 berarti memiliki perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest. Dan untuk melihat tingkat efektifitas penerapan metode team quiz yakni dengan uji independent sample test diperoleh nilai 0,023 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yakni terdapat perbedaan hasil belajar setelah penerapan metode team quiz.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | hasil belajar; metode team quiz |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Muri Kasturi |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 03:20 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 03:20 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1036 |