Marsella, Dwi (2023) Pengaruh pemberian reward terhadap kepercayaan diri anak kelompok B di KB PAUD Mekar Sari Kundi. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1912016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (351kB) | Request a copy
BAB II_1912016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (494kB) | Request a copy
BAB III_1912016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (357kB) | Request a copy
BAB IV_1912016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (351kB) | Request a copy
BAB V_1912016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (318kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepercayaan diri pada anak kelompok B di KB PAUD Mekar Sari Kundi. Percaya diri merupakan modal dasar seorang anak untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Kurangnya kepercayaan diri anak mengakibatkan kemampuan anak tidak berkembang. Pemberian reward dinilai efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap kepercayaan diri anak kelompok B di KB PAUD Mekar Sari Kundi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B di KB PAUD Mekar Sari Kundi yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan rubrik penilaian. Validitas data menggunakan validitas konstruk (construct validity). Teknik analisis data menggunakan uji statistik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji Independen Sampel T-Test. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan software SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Independen Sampel T-Test dimana menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dimana 0.000 < 0.05 dengan taraf kesalahan 5%, berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward terhadap kepercayaan diri anak kelompok B di KB PAUD Mekar Sari Kundi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | reward; kepercayaan diri anak |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dwi Marsella |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:04 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:04 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1006 |