Septia, Selviyana (2023) Pembentukan karakter peserta didik melalui pelajaran pendidikan al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911171.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (463kB) | Request a copy
BAB II_1911171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III_1911171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV_1911171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
BAB V_1911171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (294kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (943kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah melihat kondisi karakter dikalangan terdidik saat ini, yang tidak mencerminkan pendidikan itu sendiri sehingga perlu adanya upaya untuk membentuk karakter peserta didik melalui pendidikan karakter yang mendidik dan membimbing menuju arah yang lebih baik dengan tantangan yang begitu kompleksnya. Maka dari itu melalui pelajaran pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik, sehingga dapat menghasilkan agen perubahan yang berperilaku jujur dan baik dalam kehidupan sehari-hari tanpa dibuat-buat serta siap menjadi generasi-generasi penerus bangsa yang berkarakter mulia.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian kualitatif deskriptif ini merupakan usaha untuk memahami suatu fakta yang sebenarnya dilapangan. Metodologi pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpartisipasi yang mana peneliti tidak terlibat langsung pada kegiatan sehari-hari, melainkan melalui pengamatan atas proses penerapan pembentukan karakter peserta didik melalui pelajaran pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dikembangkan oleh SD Muhammadiyah Toboali. Pengumpulan data selanjutnya melalui wawancara terstruktur yang telah peneliti siapkan instrumen pedoman wawancara berupa pertanyaan-pertanyaan tertulis serta dokumentasi sebagai sarana pembantu peneliti dalam mengumpulkan data dan informasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang dapat membentuk karakter peserta didik yaitu melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode ceramah dan metode keteladan. Metode-metode ini dijadikan acuan agar dapat membentuk karakter peserta didik yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas dan berakhlak mulia. Dalam implementasi nilai karakter melalui nilai religius, nilai nasionalis, nilai integritas, nilai mandiri, dan nilai gotong royong
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendidikan karakter; pendidikan al-Islam; kemuhammadiyahan |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selviyana Septia |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:26 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 06:26 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/995 |