Miranti, Miranti (2023) Implementasi metode yanbu'a dan implikasinya terhadap kemampuan membaca al-qur'an santri di Pondok Pesantren Ta'limul Muta'allim Desa Air Kuang Kecamatan Jebus. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1911103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (511kB) | Request a copy
BAB II_1911103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (811kB) | Request a copy
BAB III_1911103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (480kB) | Request a copy
BAB IV_1911103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (717kB) | Request a copy
BAB V_1911103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (461kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (472kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya metode Yanbu’a yang dapat membantu santri dalam memperbaiki dan memperlancar bacaan al-Qur'an. Penerapan metode Yanbu’a menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan santri dalam membaca al-Qur'an. Metode Yanbu’a digunakan di Pondok Pesantren Ta'limul Muta‟allim Desa Air Kuang Kecamatan Jebus agar bacaan al-Qur'an santri dapat berhasil sesuai rumusan masalah dan tujuan. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana implementasi metode Yanbu’a dan bagaimana implikasi metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca al-Qur'an santri di Pondok Pesantren Ta'limul Muta'allim Desa Air Kuang Kecamatan Jebus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Yanbu’a dan implikasinya terhadap kemapuan membaca al-Qur'an santri di Pondok Pesantren Ta'limul Muta'allim Desa Air Kuang Kecamatan Jebus.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan melalui serangkaian observasi atau studi lapangan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Ta'limul Muta'allim Desa Air Kuang Kecamatan Jebus. Lembaga sekolah tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan gambaran umum dan informasi yang diperoleh melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Ta'limul Muta'allim Desa Air Kuang Kecamatan Jebus terdapat tiga tahapan, diantaranya: Musyafahah, ’Ardul Qira’ah, dan Pengulangan. Bentuk keberhasilan dari penerapan metode Yanbu’a diantaranya : santri mampu membaca al-Qur'an dengan fasih, dapat melafalkan huruf sesuai makhrajnya, mengerti hukum tajwid, lebih peka terhadap bacaan al-Qur'an yang kurang tepat bacaannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode yanbu’a; implikasi; kemampuan membaca Al-Qur'an |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Miranti Miranti |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 03:22 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:22 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/991 |