Sentia, Meliza (2023) Penerapan metode wetonan dalam membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (734kB)
BAB I_1911101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (95kB) | Request a copy
BAB II_1911101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (122kB) | Request a copy
BAB III_1911101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (71kB) | Request a copy
BAB IV_1911101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (111kB) | Request a copy
BAB V_1911101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (18kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911101.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (69kB) | Request a copy
Abstract
Peneliti mengambil permasalahan ini berdasarkan karena terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja yaitu: Pertama, kemampuan santri dalam memahami kitab kuning masih rendah karena belum memahami bahasa Arab. Kedua, rendahnya penguasaan santri terhadap kajian kitab kuning. Ketiga, santri kesulitan membaca dan memahami isi kitab kuning. Sehingga, perlu sebuah metode yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu: Pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode wetonan dalam membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. Kedua, mendeskripsikan bagaimana minat santri terhadap penerapan metode pembelajaran wetonan di Pondok Pesantren Al-Islam kemuja.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan serta analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan metode wetonan dalam membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja memiliki tiga komponen penting dalam tahapan-tahapan pembelajaran kitab kuning, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penerapan metode wetonan dalam membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja dapat meningkatkan minat santri dalam belajar kitab kuning, dilihat dari aspek santri yang aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Sehingga, penerapan metode pembelajaran wetonan dalam membaca kitab kuning santri sangat penting dilakukan. Karena upaya ini dapat membantu santri untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca kitab kuning. Sehingga pemahaman dari materi yang sudah dipelajari tidak hilang begitu saja dan juga dapat mengembangkan minat belajar santri yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode wetonan; kitab kuning; pondok pesantren |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Meliza Sentia |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 08:18 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 08:18 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/990 |