Rantini, Rantini (2023) Pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 4 Riau Silip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
BAB 1_1911139.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (455kB) | Request a copy
BAB 2_1911139.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (476kB) | Request a copy
BAB 3_1911139.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (619kB) | Request a copy
BAB 4_1911139.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (595kB) | Request a copy
BAB 5_1911139.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (201kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911139.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (429kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Seorang guru/pendidik yang memiliki kompetensi kepribadian yang baik, dapat mendorong siswa untuk berbuat, menentukan arah perbuatan dan mencegah kenakalan yang terjadi di lingkungan pendidikan saat ini yang masih memiliki akhlak yang kurang baik, baik dari segi sikap, perangai, maupun perbuatan seperti berkelahi, membolos saat jam pelajaran, mengucapkan kata-kata kotor, tidak menghormati guru, berbohong, dan mem-bully temannya. Dari permasalahan tersebut dengan adanya kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan pribadi siswa serta membantu meningkatkan kualitas akhlak siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Riau Silip. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner/Angket. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam mempunyai kompetensi kepribadian yang sangat baik yaitu dengan persentase 93,31% (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 4 Riau Silip, diketahui nilai R Square 0,474 jadi pengaruhnya sebesar 47,4% dan sisanya 52,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kedua variabel memiliki hubungan yang kuat dengan nilai koefisien korelasi pearson sebesar 0,689.
Kata-kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam, akhlak siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rantini Rantini |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:31 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:31 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/985 |