Della, Della (2023) Problematika pelaksanaan layanan bimbingan klasikal di SMPN 1 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1915018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I _1915018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (383kB) | Request a copy
BAB II _1915018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (496kB) | Request a copy
BAB III _1915018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (405kB) | Request a copy
BAB IV _1915018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
BAB V _1915018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (214kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA _1915018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Lubuk Besar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat peserta didik dalam menerima layanan bimbingan klasikal, ksarana dan prasana dalam layanan bimbingan klasikal, serta dukungan sekolah. penelitian ini bertujuan untuk menguraikan problematika pelaksanaan layanan bimbingan klasikal di SMPN 1 Lubuk Besar dengan upaya guru BK dalam mengatasi problematika tersebut.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK, dan peserta didik kelas IX D. Pengumpulan data utamanya dilakukan melalui wawancara terstruktur dengan kepala sekolah dan guru BK, observasi di kelas IX D, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul kemudian dibenturkan dengan teori-teori yang relevan agar mendapatkan gambaran komprehensif atas kondisi obyektif sehingga dapat ditarik kesimpulan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru BK SMPN 1 Lubuk Besar dalam mengatasi permasalahan kurangnya minat peserta didik untuk menerima layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru BK dengan karena tidak bosan dengan pelajaran bimbingan dan konseling dengan cara memberikan layanan bimbingan klasikal secara bergantian indoor dan outdoor. Upaya guru BK mengatasi masalah sarana dan prasarana terkait perangkat elektronik proyektor dalam pemberian materi layanan bimbingan konseling dengan cara menggunakan media bimbingan konseling papan bimbingan dan konseling sehingga peserta didik tidak tertinggal materi. Kemudian masalah dukungan guru mata pelajaran dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dikarenakan presepsi guru mata pelajaran bahwa bimbingan dan konseling bukanlah sebuah mata pelajaran namun bidang dalam menangani peserta didik yang melakukan kesalahan, namun semuanya bisa di atasi dengan baik oleh kerja sama antara guru bk dan guru mata pelajaran yaitu guru mata pelajaran membantu memasyarakatkan pelayanan bimbingan klasikal kepada peserta didik dengan sepengetahuan yang dimiliki dan membantu mengidentifikasi tingkah laku peserta didik di kelas terhadap mata pelajaran yang diajarkan guru mata pelajaran kalau guru mata pelajaran tidak bisa memecahkan masalah tersebut dibantu dengan guru BK.
Kata-kata Kunci: Problematika, Pelaksanaan, Layanan Bimbingan Klasikal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | problematika; pelaksanaan; layanan bimbingan klasikal |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Della Della |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 07:23 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 07:23 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/980 |