kamiliani, Kamiliani (2023) Pembentukan kecerdasan moral rasa hormat pada diri anak melalui metode bercerita usia 5-6 tahun TK Kasih Ayu Desa Kelapa Kecamatan Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal- 1912027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I - 1912027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (506kB) | Request a copy
BAB II - 1912027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (499kB) | Request a copy
BAB III - 1912027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (203kB) | Request a copy
BAB IV - 1912027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (659kB) | Request a copy
BAB V - 1912027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (187kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA - 1912027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (287kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan penelitian ini dengan alasan peneliti ingin mengetahui lebih jauh tentang proses yang dilakukan guru mengenai kecerdasan moral rasa hormat yang dilakukan menggunakan metode bercerita usia 5-6 Tahun di TK Kasih Ayu Desa Kelapa Kecamatan Kelapa, kondisi anak-anak mengalami krisis nilai-nilai kecerdasan moral rasa hormat. Dari segi moral anak-anak banyak yang cenderung tidak menghargai satu sama lain, suka memilih dalam berteman, tidak menghormati guru yang sedang berbicara, dan masih ada anak yang tidak mengucapkan salam pada saat bertemu guru ataupun sedang masuk kedalam kelas.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembentukan kecerdasan moral rasa hormat pada diri anak melalui metode bercerita, yakni anak mampu bersikap jujur, anak mampu bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan, anak mampu bersikap saling peduli antar sesama, anak mampu memintah maaf apabila melakukan kesalahan, anak mampu mengucapkan salam, anak mampu membedahkan perbuatan baik dan perbuatan buruk, anak mengtahui nilai moral yang terkandung dalam cerita, anak mampu mendengarkan cerita dengan baik, anak mampu menceritakan kembali cerita yang telah disampaikan, dan anak mampu saling menghargai antara satu sama lain, terutama menghargai guru yang sedang berbicara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembentukan kecerdasan moral; rasa hormat; metode bercerita |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Kamiliani Lia |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 06:42 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 06:42 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/964 |