Lestari, Kenanga (2023) Pengaruh layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB I_1915035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (513kB) | Request a copy
BAB II_1915035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
BAB III_1915035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (599kB) | Request a copy
BAB IV_1915035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB) | Request a copy
BAB V_1915035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Motivasi belajar menjadi permasalahan yang berhubungan dengan proses belajar yang dilaksanakan oleh peserta didik. Peserta didik seringkali tidak memiliki rasa keinginan untuk belajar yang membuat rendah atau kurangnya motivasi belajar. Melihat dari data pretest motivasi belajar yang didapatkan bahwa kurangnya motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Mendo Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk desain yakni quasi experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket untuk dilakukannya pretest dalam mengetahui keadaan awal motivasi belajar peserta didik, kemudian diberikan perlakuan layanan bimbingan klasikal yang bertujuan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, setelah itu diberikan kembali posttest kepada peserta didik untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada peserta didik setelah dilaksanakannya layanan bimbingan klasikal. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 25 untuk melihat hasil penelitian.
Setelah dilakukan penelitian dari pemberian perlakuan layanan bimbingan klasikal, peserta didik pada kategori rendah yaitu 0 peserta didik (0%), kategori sedang 16 peserta didik (89%) dan kategori tinggi yaitu 2 peserta didik (11%) serta didukung dari nilai rata-rata pretest 105 dan posttest 119 . Berdasarkan hasil pengolahan analisis data juga setelah dilakukannya uji hipotesis didapatkan nilai thitung yaitu -8,810 > ttabel 1,739 dan sig 0,00 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Mendo Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | motivasi belajar; layanan bimbingan klasikal; peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Kenanga Lestari |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 03:39 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:39 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/933 |