Uswah, Rea Nur (2023) Pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syeikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1911143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (754kB)
BAB I_1911143.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (285kB) | Request a copy
BAB II_1911143.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (238kB) | Request a copy
BAB III_1911143.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (522kB) | Request a copy
BAB IV_1911143.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (378kB) | Request a copy
BAB V_1911143.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1911143.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Data prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Muntok terdapat 26 orang siswa yang memiliki nilai di bawah KKM. Pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar yang bervariasi terlihat dari beberapa siswa memiliki rasa kurang percaya diri dalam melakukan interaksi dengan teman sebaya, siswa cenderung membuat kelompok sesuai dengan kriterianya sendiri dan beberapa diantara mereka memiliki motivasi yang rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Muntok.
Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-XII yang berjumlah 727 orang dan sampel yang berjumlah 88 orang. Data di analisis melalui uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Setelah itu dilanjutkan dengan uji analisis (analisis regresi linier berganda).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh lingkungan teman sebaya (X1) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI yang memiliki thitung 2,155 lebih besar dari ttabel 1,662 dan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Ada pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI yang memiliki thitung 3,916 lebih besar dari ttabel 1,662 dan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Ada pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Muntok diperoleh Fhitung 8,315 > Ftabel 2,711 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Besar koefesiensi determinasi (R¬¬¬2) sebesar 14,1% dan sisanya 85,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teman Sebaya; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar PAI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Ny Rea Nur Uswah |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:38 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/925 |