Arovah, Alda (2023) Korelasi kualitas layanan bimbingan kelompok dengan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Merawang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1915004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (553kB) | Request a copy
BAB II_1915004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (493kB) | Request a copy
BAB III_1915004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (698kB) | Request a copy
BAB IV_1915004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (554kB) | Request a copy
BAB V_1915004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1915004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini terkait dengan pemberian kualitas layanan bimbingan
kelompok yang baik demi tercapainya prestasi belajar peserta didik yang maksimal. Guru bimbingan dan konseling sebagai orang yang berkompeten sudah seharusnya memberikan perhatian agar peserta didik dapat bermotivasi dalam proses belajarnya, sehingga bisa meninggkatkan prestasi belajar. Salah satu layanan yang bisa diberikan yaitu berupa layanan bimbingan kelompok. Dalam pelaksanaanya, dengan pemberian layanan bimbingan kelompok, peserta didik dapat menjadi individu yang dinamis dan peserta dapat mengembangkan dirinya terutama dalam proses belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui 1) kualitas layanan bimbingan kelompok di kelass VIII SMP Negeri 1 Merawang, 2) tingkat prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Merawang, 3) korelasi kualitas layanan bimbingan kelompok dengan prestasi belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Merawang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP
Negeri 1 Merwang, dengan jumlah 165 peserta didik, sedangkan penentuan
sampelnya yaitu dengan menggunakan sampling sistematis , dari 165 jumlah
populasi, didapatkan 80 responden yang akan menjadi sampel penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunkaan angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis hipotesisnya yaitu menggunakan uji hipotesis pearson.
Penelitian ini memperoleh hasil 1) kualitas layanan bimbingan kelompok
yang diberikan kepada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Merawang yaitu cukup baik, dengan rata-rata penilaian peserta didik dengan skor penilaian yaitu sebesar 148. 2) tingkat prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Merawang yaitu sedang, dengan rata-rata nilai raport peserta didik saitu sebesar 78. 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan bimbingan kelompok dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Merawang, sesuai dengan hasil uji korelasi pearson, memperoleh nilai koefisien yaitu sebesar 0,558 dan rtabel 0,220, artinya rhitung > rtabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, sedangkan
tingkat hubungannya yaitu cukup kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bimbingan kelompok; prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Alda Arovah |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:22 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:22 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/917 |