Wasari, Lima (2023) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar santri jurusan keagamaan di Madrasah Aliyah Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddiq.
HALAMAN AWAL_1911091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (843kB)
BAB I_1911091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (323kB) | Request a copy
BAB II_1911091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (367kB) | Request a copy
BAB III_1911091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (576kB) | Request a copy
BAB IV_1911091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (663kB) | Request a copy
BAB V_1911091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (151kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1911091.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (142kB) | Request a copy
Abstract
Pondok pesantren Al-Islam, memiliki dua jenis santri yaitu santri mukim dan santri tidak mukim. Santri mukim adalah santri yang menetap di asrama dan santri tidak mukim yaitu santri yang umumnya berasal dari desa itu sendiri. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi prestasi belajar santri. Pernyataan diatas semakin penting mengingat bahwa santri memiliki lingkungan belajar disekolah yang sama dengan karakteristik santri yang berbeda. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Santri Jurusan Keagamaan di Madrasah Aliyah Al-Islam Kemuja.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil adalah santri Madrasah Aliyah Jurusan Keagamaan dengan jumlah 177 santri. Jumlah sampel untuk santri mukim diambil sebanyak 96 santri dan untuk santri tidak mukim sebanyak 25 santri. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan ialah tenik analisis uji regresi linier sederhana.
Hasil analisis dengan uji regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh signifikan lingkungan belajar sosial terhadap prestasi belajar santri. Hal ini ditunjukkan berdasarkan tabel Coeficients diketahui nilai Thitung sebesar 2,069 dan Ttabel sebesar 0.676 maka 2,069 < 0.676. Seberapa besar pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar santri diketahui dari nilai koefisien determinasi. Besarnya nilai R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,035 dalam artian bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 3,5% artinya lingkungan belajar memberikan kontribusi sebesar 3,5% terhadap prestasi belajar dan sisanya sebesar 96,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | LIMA WASARI |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:08 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/906 |