Haliza, Nur (2023) Implementasi metode tawazun dalam menghafal Al-Qur'an juz 30 di SMA Negeri 2 Sungai Selan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_NIM.1911118.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (662kB) | Request a copy
BAB II_NIM.1911118.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (562kB) | Request a copy
BAB III_NIM.1911118.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (451kB) | Request a copy
BAB IV_NIM.1911118.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (558kB) | Request a copy
BAB V_NIM.1911118.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (296kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_NIM.1911118.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (422kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Implementasi metode tawazun dalam menghafal Al-Qur’an merupakan bentuk penerapan menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan dua metode secara seimbang. Kedua metode tersebut adalah metode ziyadah (menambah hafalan) dan metode muroja’ah (mengulang hafalan).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode tawazun dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 siswa-siswi kelas XI IBB di SMA Negeri 2 Sungai Selan tahun ajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode tawazun dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 siswa-siswi kelas XI IBB di SMA Negeri 2 Sungai Selan tahun ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mengumpulkan data terlebih dahulu untuk selanjutnya dianalisis melalui proses reduksi data, tahap menyajikan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi metode tawazun dalam menghafal Al-Qur’an Juz 30 di SMA Negeri 2 Sungai Selan adalah tidak diperbolehkan menambah hafalan berikutnya sebelum mengulang hafalan lama. Misalkan pada minggu pertama berhasil menghafal surah An-Naba ayat 1-7 dan sudah disetorkan ke guru PAI, maka pada minggu kedua ketika ingin menambah hafalan harus terlebih dahulu mengulang hafalan tersebut. Setelah selesai baru dilanjutkan hafalan baru. Faktor pendukung metode hafalan tawazun di SMA Negeri 2 Sungai Selan terutama adanya motivasi dari kepala sekolah serta bimbingan penuh dari guru PAI. Sedangkan faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 di SMA Negeri 2 Sungai Selan yaitu terutama kemampuan hafalan siswa-siswi berbeda-beda.
Kata Kunci: Metode Tawazun, Menghafal Al-Qur’an, Juz 30.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode tawazun; menghafal Al-Qur'an; juz 30 |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | IMPLEMENTA Nur Haliza |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:29 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:29 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/884 |