Apriola, Endis (2023) Inovasi manajemen pembelajaran taman pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Istiqomah di Desa Gadung Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1911048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (436kB) | Request a copy
BAB II_1911048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (732kB) | Request a copy
BAB III_1911048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB) | Request a copy
BAB IV_1911048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (517kB) | Request a copy
BAB V_1911048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (172kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (414kB) | Request a copy
Abstract
Indonesia:
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang merupakan pendidikan non formal menjadi tuntutan agar terus berkembang khususnya dalam inovasi manajemen pembelajarannya. Inovasi ialah unsur kebaruan atau hal yang baru. Oleh sebab itu, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) khususnya TPA Al-istiqomah yang berada di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan melakukan suatu inovasi yang tidak dimiliki oleh TPA lainnya yang ada di kecamatan Toboali yakni penambahan pembelajaran dalam kurikulumnya dengan menambah pembelajaran tilawah dan bahasa Inggris bagi santri level C. Untuk itu peneliti mencoba memahami lebih jauh bagaimana manajemen pembelajaran di TPA Al-Istiqomah, inovasi manajemen pembelajaran seperti apa yang dilakukan di TPA Al-Istiqomah, serta bagaimana kendala dari penerapan inovasi manajemen pembelajaran di TPA Al-Istiqomah.
Penelitian ini merupakan metode kualitatif. Pengumpulan data utama penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam, diperkuat dengan pengamatan/observasi, serta pengumpulan dokumen-dokumen terkait penelitian. Selanjutnya data yang terkumpul dibenturkan dengan teori-teori yang relevan agar didapat gambaran komprehensif atas kondisi objektif. Dengan menggunakan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan manajemen pembelajaran di TPA Al-Istiqomah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan. Sebagai bentuk dari inovasi manajemen pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Istiqomah yaitu penambahan pembelajaran tilawah dan bahasa Inggris dikembangkan dan dijalankan dengan baik sesuai dengan konsep manajemen pembelajaran, sehingga menghasilkan prestasi bagi peserta didik di TPA Al-Istiqomah yakni juara ke-2 tingkat Kabupaten Bangka Selatan dalam perlombaan tilawah, serta tidak terjadi kendala dari penerapan inovasi manajemen pembelajaran di TPA Al-Istiqomah. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi manajemen pembelajaran di TPA Al-Istiqomah berhasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | inovasi, manajemen pembelajaran |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.6 Organisasi dan Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Endis Apriola |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:40 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:40 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/880 |