Aziizir, Cindi Pricilia (2023) Pengaruh metode card sort terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PAI materi zakat kelas VI di SD Negeri 15 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (289kB) | Request a copy
BAB II_1911035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB) | Request a copy
BAB III_1911035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (280kB) | Request a copy
BAB IV_1911035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (193kB) | Request a copy
BAB V_1911035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (113kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran PAI materi zakat dikarenakan guru PAI hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas sehingga menyebabkan peserta didik jenuh dan kurang fokus ketika mengikuti pembelajaran di kelas. Guru harusnya sebisa mungkin membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dengan memanfaatkan metode-metode pembelajaran terbaru dan berkembang saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode card sort terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PAI materi zakat kelas VI di SD Negeri 15 Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Kontrol Group Design. Populasi yang di ambil ialah peserta didik kelas VI SD Negeri 15 Pangkalpinang, menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas kontrol IV A dan kelas eksperimen VI B. Kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sedangkan kelas eksperimen menggunakan metode card sort. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode card sort berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil uji hipotesis yang menggunakan bantuan software SPSS versi 25, diperoleh data Sig < α yaitu 0,023 < dari pada 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode card sort; minat belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.3 Ibadah Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Cindi Pricilia Aziizir |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:13 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/879 |