Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Problematika penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui ekstrakurikuler rohani Islam di SMP Negeri 2 Lubuk Besar

Oktavia, Fini (2023) Problematika penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui ekstrakurikuler rohani Islam di SMP Negeri 2 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut AgamaIslam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911055.pdf] Text
Halaman Awal_1911055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1911055.pdf] Text
BAB I_1911055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911055.pdf] Text
BAB II_1911055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911055.pdf] Text
BAB III_1911055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911055.pdf] Text
BAB IV_1911055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911055.pdf] Text
BAB V_1911055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911055.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler memiliki peranan penting dalam menunjang perkembangan minat, bakat, dan potensi peserta didik. Salah satunya adalah ekstrakurikuler rohani Islam yang mana ekstrakurikuler ini bertujuan untuk mendidik peserta didik menjadi pribadi yang Islami. Namun dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui ekstrakurikuler rohani Islam terkhusus di SMP Negeri 2 Lubuk Besar terdapat berbagai kendala yang dihadapi seperti kurangnya kesadaran peserta didik terhadap nilai-nilai agama Islam, pengaruh lingkungan sekitar, dan masalah pemahaman peserta didik akan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam.

Penelitian ini merupakan metode kualitatif. Pengumpulan data utama penelitian ini dilakukan melalui wawancara, diperkuat dengan observasi dan pengumpulan dokumentasi yang terkait dengan penelitian. Selanjutnya data yang terkumpul disesuaikan dengan teori-teori yang relevan agar didapat gambaran komperhensif atas kondisi yang objektif. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi data.

Hasil penelitian ini ditemukan beberapa tahapan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam. Pertama, yakni tahap transformasi nilai. Kedua, tahap transasksi nilai. Ketiga, tahap transinternalisasi nilai. Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ditanamkan pada ekstrakurikuler rohani Islam adalah nilai ibadah, nilai akhlak, dan nilai tauhid. Adapun permasalahan yang dihadapi yakni kurangnya minat peserta didik untuk berorganisasi, jarak tempat tinggal yang jauh, administrasi waktu yang kurang baik, dan waktu yang terbatas. Kemudian ditemukan penyelesaian terhadap permasalahan yang ada yakni sosialiasi yang dilakukan pihak sekolah, pendekatan terhadap peserta didik, dan pemberian motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: penanaman nilai pendidikan agama Islam; ekstrakurikuler rohani Islam
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Fini Oktavia
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:06
Last Modified: 18 Jul 2023 03:06
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item
View Item