Ingka, Ingka (2023) Pengaruh layanan konseling individual terhadap kemampuan pengendalian emosi pesertra didik di SMK Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
BAB I_1915032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (257kB) | Request a copy
BAB II_1915032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (277kB) | Request a copy
BAB III_1915032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (493kB) | Request a copy
BAB IV_1915032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (163kB) | Request a copy
BAB V_1915032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_I915032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
Abstract
Peserta didik yang sulit mengendalikan emosi lebih banyak ditemukan di SMK Negeri 1 Mendo Barat, Kemampuan pengendalian emosi yang rendah dimiliki oleh peserta didik menyebabkan terjadinya gangguan perilaku, memilih tindakan agresif sebagai strategi keluar dari masalah. Kemampuan pengendalian emosi sangat penting dimiliki agar peserta didik dapat membuat keputusan dengan tepat, bertingkah laku yang sesuai, dan meminimalisir permasalahan yang disebabkan karena ketidakmampuan peserta didik dalam mengendalikan emosinya. Hasil pretest menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kemampuan pengendalian emosi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pengendalian emosi peserta didik di SMK Negeri 1 Mendo Barat sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling individual mengenai pengendalian emosi dan mengetahui bagaimana pengaruh layanan konseling individual terhadap kemampuan pengendalian emosi peserta didik di SMK Negeri 1 Mendo Barat
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk desain Pretest-posttest One Group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Prosedur eksperimen dilakukan dengan memberikan pretest untuk mengukur tingkat kemampuan pengendalian emosi peserta didik sebelum diberikan layanan, kemudian memberikan treatment berupa layanan konseling individual mengenai kemampuan pengendalian emosi, setelah itu diberikan posttest untuk mengukur kemampuan pengendalian emosi peserta didik setelah diberikan layanan berupa konseling individual.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pengendalian emosi peserta didik sebelum diberikan layanan adalah rendah, dan memiliki tingkat kemampuan pengendalian emosi yang tinggi setelah diberikan layanan. Hasil dalam penelitian ini terdapat pengaruh layanan konseling individual terhadap kemampuan pengendalian emosi peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T Test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. jadi, secara hipotesis dinyatakan H0 ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh layanan konseling individual terhadap kemampuan pengendalian emosi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan konseling individual; kemampuan pengendalian emosi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Ingka Ingka |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:27 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:27 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/876 |