Wenti, Wenti (2023) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Tukak Sadai. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911221.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911221.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (657kB) | Request a copy
BAB II_1911221.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (476kB) | Request a copy
BAB III_1911221.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (904kB) | Request a copy
BAB IV_1911221.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (874kB) | Request a copy
BAB V_1911221.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1911221.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (427kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Tukak Sadai yang memiliki gadget tersendiri. Penggunaan gadget yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik yang menurun. Penggunaan gadget yang mempengaruhi hasil belajar perlu diperhatikan agar hasil belajar peserta didik tidak menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Tukak Sadai.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Tukak Sadai yang berjumlah 42 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 25 dan menggunakan analisis regresi linier sederhana adapun uji yang digunakan diantaranya, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R_2).
Berdasarkan output yang diolah melalui SPSS 25 diperoleh hasil t_hitung = 2,248 dengan nilai signifikansi sebesar 0,030<0,05 dan dengan taraf signifikansi 5% uji dua pihak dan df = N-1-1 = 2,021, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis H_0 ditolak dan H_a diterima dengan signifikansi 5% artinya variabel penggunaan gadget memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 11,2% dan sisanya 88,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata kunci: Pengaruh, Gadget, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengaruh; gadget; hasil belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | wenti wenti |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:05 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:05 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/869 |