Oktaviana, Saska (2023) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran berbasis alam di SDIT Alam Cahaya Toboali Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911168.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (272kB) | Request a copy
BAB II _1911168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (389kB) | Request a copy
BAB III_1911168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB) | Request a copy
BAB IV_1911168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1911168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (89kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini diambil dari permasalahan pada sistem pendidikan saat ini
kurang memperhatikan tumbuh kembang peserta didik apa yang menjadi kebutuhan di saat pembelajaran utamanya ruangan kelas membuat pembelajaran terasa bosan dan jenuh sebab banyak ditemui di sekolah formal, membuat tujuan pendidikan tidak tercapai umumnya dijenjang SD. Maka adanya sekolah yang pembelajarannya berbasis alam di SDIT Alam Cahaya Toboali Bangka Selatan, agar tetap adanya peran pendidikan Islam harus tetap berfungsi dan berkembang didalam sekolah ini telah adanya keterpaduan pendidikan Islam didalamnya.
Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan dari proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Pembelajaran berbasis alam di SDIT Alam Cahaya Toboali. Dimana termasuk penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi berupa foto. Dalam menguji keabsahan data digunakan triangulasi teknik, dimana data yang telah dikumpulkan tersebut di ujikan dengan kesamaannya yang akan dihasilkannya data temuan. Hasil penelitian akan dibenturkan dengan teori-teori yang relevan agar
didapat data kompherensif atas kondisi obyektif.
Hasil penelitian menunjukkan proses dari internalisasi nilai-nilai pendidikan
Islam dalam pembelajaran berbasis alam di SDIT Alam Cahaya Toboali Bangka Selatan ternyata mampu menjadikan peserta didik dalam melakukan kebiasaan yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam di dalam kehidupan sehari-hari, juga menjadikan peserta didik menjaga lingkungan alam sekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | internalisasi; nilai pendidikan Islam; pembelajaran berbasis alam; sistem pendidikan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Saska Oktaviana |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:55 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:55 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/858 |