Tiara, Tiara (2023) Peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mewujudkan nilai karakter religius melalui program membaca Al-Qur'an kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Parittiga. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (896kB)
BAB I_1911206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB) | Request a copy
BAB II_1911206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (381kB) | Request a copy
BAB III_1911206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (144kB) | Request a copy
BAB IV_1911206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (286kB) | Request a copy
BAB V_1911206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (89kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (164kB) | Request a copy
Abstract
Fokus penelitian ini berkenaan dengan peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mewujudkan nilai karakter religius melalui program membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perwujudan nilai karakter religius bagi siswa oleh guru pendidikan agama Islam dan untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan program membaca Al-Qur’an yang ada di SMP Negeri 2 Parittiga ini. Peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mewujudkan nilai karakter religius bagi siswa melalui kegiatan membaca Al-Qur’an memberikan manfaat yang besar bagi siswa.
Jenis peneltian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, penelitian kualitatif deskriptif merupakan penelitian yang berkaitan dengan pengkajian fenomena secara lebih rinci atau membedakannya dengan fenomena lain. Metodologi pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program membaca Al-Qur’an memberikan manfaat yang sangat berguna bagi siswa dan dapat membentuk karakter yang religius bagi siswa, dapat membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab. Guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti berperan penting dalam mewujudkan karakter yang religius bagi siswa yaitu sebagai pembina dan koordinator dalam pelaksanaan program membaca Al-Qur’an serta memotivasi siswa agar tetap semangat menjalankan kegiatan keagamaan salah satunya program membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran; guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti; nilai karakter religius |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Tiara Tiara |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 03:38 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 03:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/847 |