Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi permainan kartu huruf hijaiyah dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Hidayah Pangkalniur

Hasanah, Ispa (2023) Implementasi permainan kartu huruf hijaiyah dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Hidayah Pangkalniur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1812030.pdf] Text
Halaman Awal_1812030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_1812030.pdf] Text
BAB I_1812030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1812030.pdf] Text
BAB II_1812030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1812030.pdf] Text
BAB III_1812030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_I1812030.pdf] Text
BAB IV_I1812030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1812030.pdf] Text
BAB V_1812030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka _ 1812030.pdf] Text
Daftar Pustaka _ 1812030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini difokuskan pada implementasi permainan kartu huruf hijaiyah dalam mengembangkan Nilai Agama dan Moral pada anak usia 4-5 di PAUD Al-Hidayah Pangkal Niur yang mana masih terdapat beberapa anak yang belum bisa mengenal huruf-huruf hijaiyah tertentu. Ketika anak-anak diminta oleh guru untuk menyebutkan huruf hijaiyah yang ditujukan oleh guru secara bersama-sama hampir semua anak dapat menyebutkan huruf hijaiyah. Akan tetapi, saat satu persatu anak diminta untuk menyebutkan huruf ternyata masih banyak anak yang masih binggung dengan dalam menyebutkan huruf hijaiyah.

Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (fled research) sedangkan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak-anak usia 4-5 tahun berjumlah 7 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian tersebut menujukkan bahwa langkah-langkah implementasi permainan kartu huruf hijaiyah dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Hidayah Pangkal Niur yaitu : 1) guru menentukan tema yang ingin di capai, 2) menyusu materi pembelajaran, 3) menentukan alat penialian, 4) guru mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak, 5)guru memberikan kegiatan kepada anak, 6) guru menyiapkan alat penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: implementasi; permainan kartu huruf hijaiyah; nilai agama moral
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ispa Hasanah
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:52
Last Modified: 21 Jun 2023 08:52
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item
View Item