Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X tahun ajaran 2019/2020 di SMAN 1 Mendo Barat

Linda, Linda (2022) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X tahun ajaran 2019/2020 di SMAN 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halama Awal_1511080.pdf] Text
Halama Awal_1511080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1 _1511080.pdf] Text
BAB 1 _1511080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1511080.pdf] Text
BAB II_1511080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1511080.pdf] Text
BAB III_1511080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1511080.pdf] Text
BAB IV_1511080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1511080.pdf] Text
BAB V_1511080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1511080.pdf] Text
Daftar Pustaka_1511080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang apakah gaya mengajar guru berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik, dan seberapa besar pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X tahun ajaran 2019/2020 di SMAN 1 Mendo Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah gaya mengajar guru berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatiif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 1 Mendo Barat sebanyak 63 orang. Teknik sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas data, uji linearitas data, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan gaya mengajar guru berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana pada tabel Anova yang diketahui nilai Fhitung sebesar 10,167 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,02 < 0,05. Sedangkan hasil perhitungan melalui koefisien antara gaya mengajar guru dan minat belajar peserta didik adalah 0,378. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang rendah antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik. Adapun besar pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik yakni 14,3%, sedangkan 85,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan sebagai variabel dalam penelitian. Bentuk persamaan regresi linier sederhana yakni Y = 35,743+0,576X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengaruh; gaya mengajar; minat belajar; budi pekerti
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Linda Linda
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:15
Last Modified: 13 Jun 2023 04:15
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item
View Item