Zasika, Zafira (2022) Pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat masyarakat desa mangkol dalam melakukan pembiayaan sistem resi gudang di Kantor Pusat Operasional (KPO) BPRS Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1731158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB l_1731158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (446kB) | Request a copy
BAB II_1731158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (484kB) | Request a copy
BAB III_1731158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (583kB) | Request a copy
BAB IV_1731158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (675kB) | Request a copy
BAB V_1731158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (298kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1731158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
Abstract
Pembiayaan atau financing adalah pendanaan yang diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain untuk mendukung investasi yang telah direncanakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor pengetahuan dan promosi terhadap minat masyarakat Desa Mangkol dalam melakukan pembiayaan Sistem Resi Gudang di KPO BPRS Bangka Belitung.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 93 responden, sedangkan untuk pengukuran data menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis). Penelitian ini menggunakan software SPSS Versi 26.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh terhadap minat masyarakat, dengan nilai thitung > nilai ttabel (2,167 < 1,98677) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,033 < 0,05. Sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat, dengan nilai thitung < nilai ttabel (0,378 < 1,98552) dengan tingkat signifikan sebesar 0,706 > 0,05. Serta hasil uji F, menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dan promosi masyarakat Desa Mangkol secara (simultan) bersama-sama tidak berpengaruh terhadap minat melakukan pembiayaan sistem resi gudang di bank syariah dengan nilai Fhitung < nilai Ftabel (2,474 < 3,10) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,090 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (rsquare) adalah 0,052. Hal ini dapat didefinisikan bahwa sumbangan pengaruh dari variabel independen (pengetahuan dan promosi) yaitu yaitu 5,2% sedangkan sisanya sebesar 94,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | minat masyarakat melakukan pembiayaan sistem resi gudang; pengetahuan dan promosi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Zasika Zafira |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 10:35 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 10:35 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/701 |