Sari, Fika Novita (2023) Optimalisasi kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun melalui Media Maze di TK Pelita Harapan di Desa Pangkal Beras. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1812018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (862kB) | Request a copy
BAB I 1812018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (263kB) | Request a copy
BAB II 1812018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (212kB) | Request a copy
BAB III 1812018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (155kB) | Request a copy
BAB IV 1812018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (368kB) | Request a copy
BAB V 1812018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA 1812018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (138kB) | Request a copy
Abstract
Dalam pendidikan ini anak usia dini, salah satu hal yang perlu dikembangkan ialah keterampilan kemamupan kognitif anak. Hal ini dikarenakan keterampiulan kemampuan kognitif anak sangat mempengaruhi perkembangan anak selanjtutnya. Median maze merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan guru untuk kemampuan kognitif anak tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Pelita Harapan di Desa Pangkal Beras untuk mengetahui hasil dari kemamupan kognitif melalui kegiatan media maze pada anak kelompok A di TK Pelita Harapan di Desa Pangkal Beras
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan kelas kelompok A di TK Pelita Harapan di Desa Pangkal Beras ( 4-5 tahun) data berjumalah 15 orang serta guru kelas kelompok A berjumlah 1 orang analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, dispeley data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru Adapun langkah-langkah penerapan alat permainan media maze ini Sebagai berikut: a) Guru melakukan persiapan media pada media maze b) Guru membagi kelompok anak, c) Guru menjelaskan proses dan aturan main, d) Guru mengklasifikasikan media maze, f) Guru dan anak membacakan hasil permainan, g) Guru melaksanakan evaluasi kepada anak tentang gambar apa yang telah mereka keluarkan dari media maze agar anak dapat mengingat apa yang telah diajarkan oleh gurunya pada hari ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | optimalisasi kemampuan kognitif anak; media maze. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Fika Novita Sari |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 12:39 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 12:39 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/700 |