Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Hubungan Tujuan Instruksional, Materi Pelajaran, Metode Pembelajaran Terhadap Interaksi Edukatif Guru Dengan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang

Sugianto, Sugianto (2017) Hubungan Tujuan Instruksional, Materi Pelajaran, Metode Pembelajaran Terhadap Interaksi Edukatif Guru Dengan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of 1311103_sugianto.pdf] Text
1311103_sugianto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) apakah terdapat hubungan antara tujuan instruksional dengan interaksi edukatif guru dengan siswa (2) apakah terdapat hubungan antara materi pelajaran terhadap interaksi edukatif guru dengan siswa (3) apakah terdapat hubungan antara metode pembelajaran dengan interaksi edukatif guru dengan siswa (4) apakah terdapat hubungan antara tujuan instruksional, materi pelajaran, metode pembelajaran secara bersama-sama dengan interaksi edukatif guru dengan siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MAN 1 Pangkalpinang yaitu sebanyak 54 responden. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis pendahuluan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan linear, analisis lanjut dengan menggunakan analisis regresi sederhana, regresi ganda, korelasi sederhana dan ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara Tujuan Instruksional dengan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,594 pada tingkat hubungan “Cukup Kuat” dengan nilai koefisien determinasi sebesar 35.28%. (2) terdapat hubungan yang positif antara Materi Pelajaran dengan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,793 pada tingkat hubungan “Kuat” dengan nilai koefisien determinasi sebesar 62.88% . (3) terdapat hubungan yang positif antara Metode Pembelajaran dengan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,788 pada tingkat hubungan “Kuat” dengan nilai koefisien determinasi sebesar 62.1%. Dan (4) terdapat hubungan yang positif antara Tujuan Instruksional, Materi Pelajaran dan Metode Pembelajaran secara bersama-sama dengan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,752 pada tingkat hubungan “Kuat” dengan nilai koefisien determinasi sebesar 56,55 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tujuan Instruksional; Materi Pelajaran; Metode Pembelajaran; Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Rulli Fajrin
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:32
Last Modified: 16 Jan 2023 05:18
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item
View Item