Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi metode cerita dalam menumbuhkan perilaku jujur siswa kelas V pada materi orang jujur di sayang Allah Swt di SD Negeri 06 Air Gegas

Arswedi, Ray (2023) Implementasi metode cerita dalam menumbuhkan perilaku jujur siswa kelas V pada materi orang jujur di sayang Allah Swt di SD Negeri 06 Air Gegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811163.pdf] Text
Halaman Awal_1811163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1811163.pdf] Text
BAB I_1811163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811163.pdf] Text
BAB II_1811163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811163.pdf] Text
BAB III_1811163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811163.pdf] Text
BAB IV_1811163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811163.pdf] Text
BAB V_1811163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1811163.pdf] Text
Daftar Pustaka_1811163.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy

Abstract

Kejujuran merupakan perilaku yang harus ditanamkan pada anak sejak dini karena perilaku jujur merupakan kunci dalam kehidupan. Perilaku jujur juga harus dibiasakan ke dalam kehidupan keluarga, masyarakat maupun sekolah. Seorang pendidik juga berperan dalam upaya menumbuhkan perilaku jujur anak, seorang pendidik harus memahami kondisi perkembangan, lingkungan, dan kesukaannya guna mempermudah dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran. Yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana metode cerita dapat diterapkan secara efektif dan dapat mengaktifkan siswa dan kemudian bisa menumbuhkan nilai-nilai kejujuran pada diri anak, maka guru berinovasi dalam pembelajaran, yakni dengan menerapkan metode cerita.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian kualitatif deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan atau memaparkan suatu keadaan atau fenomena-fenomena dengan apa adanya yang sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini terdiri dari kepala sekolah SD N 06 Airgegas, dan satu orang guru Pendidikan Agama Islam dan tiga orang peserta didik. Sedangkan analisis datanya yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini, implementasi metode cerita pada materi orang jujur disayang Allah terhadap siswa kelas V di SDN 06 Airgegas yakni diterapkannya metode cerita berupa kisah-kisah nabi, sahabat nabi dan cerita yang berkaitan dengan perilaku jujur. Dalam pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran guru terlebih dahulu menentukan bentuk dan jenis cerita yang akan digunakan serta menyesuaikan cerita dengan materi pembelajaran. Dengan metode cerita bisa membantu dalam menumbuhkan perilaku jujur secara bertahap, dengan adanya perubahan sikap dan perilaku anak didik mengarah kepada hal-hal positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: implementasi metode cerita dalam menumbuhkan perilaku jujur
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ray Arswedi
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:13
Last Modified: 09 Jun 2023 09:13
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item
View Item