Sindi, Sindi (2023) Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMP N 3 Simpang Rimba. Undergraduate thesis, Institut agama Islam negeri syaikh Abdurrahman siddik.
HALAMAN AWAL-1811195.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I-1811195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB) | Request a copy
BAB II-1811195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (241kB) | Request a copy
BAB III-1811195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (125kB) | Request a copy
BAB IV-1811195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB) | Request a copy
BAB V-1811195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (62kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA-1811195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan agama Islam adalah salah satu mata pelajaran yang mempelajari dan mempraktekkan ajaran Islam yang didalamnya terkandung banyak nilai-nilai kehidupan. Penting peran guru pendidikan agama Islam yang notabennya mendidik peserta didik tidak hanya untuk kecerdasan intelektual semata, akan tetapi pada peningkatan akhlak, karakter serta kepribadian peserta didik juga hal yang utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa dan untuk mengetahui karakter siswa di SMP N 3 Simpang Rimba.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian kualitatif deskriptif ditunjukan untuk mendeskripsikan atau memaparkan suatu keadaan dan fenomena-fenomena dengan ada-adanya yang sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu terdiri dari kepala sekolah SMP N 3 Simpang Rimba, dan guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa peserta didik. Sedangkan analisis datanya yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru pendidikan agama Islam adalah sebagai fasilitator memberikan arahan dan bimbingan, sebagai motivator memberikan motivasi, penghargaan, dan contoh langsung, sebagai inovator melakukan kegiatan yang kreatif, sebagai dinamisator memberikan dorongan, sebagai informator memberikan informasi yang membangun karakter, sebagai evaluator melakukan penilaian terhadap peserta didik, dan sebagai supervisor membantu permasalahan peserta didik. Karakter siswa di SMP N 3 Simpang Rimba masih tergolong kategori baik, namun tidak bisa dinapikan bahwa ternyata masih ada peserta didik yang mengalami masalah dalam karakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran guru; pembentukan karakter; siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | sindi sindi |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 09:21 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 09:21 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/697 |