Sonia, Nia (2023) Pengaruh media sosial tiktok terhadap prestasi belajar siswa kelas 6 SD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N 18 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman_Awal_1811208.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB_I_1811208[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (354kB) | Request a copy
BAB_II_1811208[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (371kB) | Request a copy
BAB_III_1811208[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (695kB) | Request a copy
BAB_IV_1811208[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (992kB) | Request a copy
BAB_V_1811208[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
DAFTAR_PUSTAKA_1811208[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (307kB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini diambil berdasarkan kemajuan teknologi yang berdampak pada perkembangan kondisi anak didik atau siswa, salah satunya yaitu penggunaan media sosial TikTok. Seorang guru terkhusus guru PAI yang mengajar pendidikan agama Islam tentunya perlu ada pengawasan kepada siswa mengontrol anak didik dalam penggunaan media sosial, karena banyak hal negatif yang berdampak pada siswa. Dalam proses pembelajaran guru PAI perlu kreatifitas yang tinggi dalam penggunaan media, sehingga media sosial tekhusus TikTok guru PAI perlu menggunakan media tersebut untuk meningkatkan prestasi belajar. Dengan begitu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial tiktok terhadap prestasi belajar siswa kelas 6 SD pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD N 18 kelapa.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner dan dokumentasi yang ditujukan untuk memperoleh data secara langsung. Proses analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan uji coba instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, menyebarkan angket yang valid dan reliabel. Setelah data didapatkan, selanjutnya analisis data dengan pendekatan regresi linier sederhana menggunakan SPSS 25 untuk mengambil kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media sosial tiktok terhadap prestasi belajar siswa kelas 6 SD pada mata pelajaran PAI di SD N 18 Kelapa. Hasil analisis data memperoleh nilai thitung sebesar 2.140, sedangkan ttabel dengan N= 28 taraf signifikan 0,05 adalah 1.313 berarti thitung > ttabel, 2.140> 1.313. dapat ditarik kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil persamaan regresi linier sederhana yaitu Y=79,372+(-0,246X) bernilai negatif. Besar pengaruh media sosial tiktok terhadap prestasi belajar siswa kelas 6 SD pada mata PAI sebesar 67% yaitu menunjukan setiap kenaikan dalam variabel aplikasi TikTok , maka akan menurunkan prestasi belajar. Hal-hal yang mempengaruhi negatif dalam prestasi belajar tersebut yaitu konten yang tidak baik di media sosial TikTok yang tidak ada manfaatnya dan dilihat oleh siswa. Seperti konten gerakan tubuh yang kurang Islami, yang banyak bermunculan di aplikasi TikTok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media sosial tiktok; prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | sonia nia |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 02:40 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 02:40 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/693 |