Arsanun, Deli (2023) Efektivitas permainan tradisional dalam meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs At-Tajribah Labu. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
1._HALAMAN_AWAL-1811040[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (858kB)
2._BAB_I__1811040[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (385kB) | Request a copy
3._BAB_II_1811040[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (360kB) | Request a copy
4._BAB_III_1811040[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB) | Request a copy
5._BAB_IV_1811040[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (597kB) | Request a copy
6._BAB_V_1811040[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (136kB) | Request a copy
7._DAFTAR_PUSTAKA_1811040[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (237kB) | Request a copy
Abstract
Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang minat belajarnya masih terbilang rendah dan dianggap membosankan yang membuat siswa kurang paham jadi dalam penyampaian materi pembelajaran untuk menciptakan minat belajar yaitu bisa dengan permaianan tradisional karena dengan permainan maka pembelajaran lebih menyenangkan dan semangat serta minatnya pun meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data terlebih dahulu untuk selanjutnya di analisis melalui proses reduksi data, tahap menyajikan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan permainan tradisional dalam meningkatkan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs At-Taribah Labu dilakukan dengan beberapa tahap yaitu Pemetaaan materi, Penyampaian perencanaan pembelajaran, kemudian langkah-langkah permainan tradisional. Permainan Tradisional pesan berantai cukup efektif di terapkan yang awalnya bisa dikatakan rendah menjadi lebih beminat dapat dilihat dari tingkah laku mereka saat mengikuti pembelajaran yaitu terlihat konsentrasi, semangat, dan ingatan mereka juga meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | permainan tradisional; minat belajar; sejarah kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | DELI ARSANUN |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 09:28 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 09:28 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/691 |