Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Problematika santri dalam menghafal surat-surat pilihan di taman pendidikan Al-qur’an Nurul Yaqin Desa Labu Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka

Dahlia, Dahlia (2023) Problematika santri dalam menghafal surat-surat pilihan di taman pendidikan Al-qur’an Nurul Yaqin Desa Labu Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1811033.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1811033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (980kB)
[thumbnail of 2. BAB I_1811033.pdf] Text
2. BAB I_1811033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[thumbnail of 3. BAB II-1811033.pdf] Text
3. BAB II-1811033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[thumbnail of 4. BAB III_1811033.pdf] Text
4. BAB III_1811033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[thumbnail of 5. BAB IV_1811033.pdf] Text
5. BAB IV_1811033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[thumbnail of 6. BAB V_1811033.pdf] Text
6. BAB V_1811033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA_1811033.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA_1811033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)

Abstract

Permasalahan pokok penelitian ini yaitu tentang problematika santri dalam menghafal surat-surat pilihan di TPA Nurul Yaqin Desa Labu, problem ditemukan peserta didik masih banyak para santri yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an sehingga pada saat ujian banyak yang tidak hafal sebagian ada yang lulus dan ada yang tidak lulus bagi yang belum lulus maka akan melaksanakan remedial atau ujian kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika santri dalam menghafal surat-surat pilihan, untuk mengetahui solusi dalam mengatasi problematika santri dalam menghafal surat- surat pilihan di TPA Nurul Yaqin Desa Labu Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka. Al-Qur’an adalah mukjizat yang wajib dibaca, dipelajari serta diamalkan dalam kehidupan. Membaca Al-Qur’an dinilai sebagai ibadah, dan menghafalnya akan mendapatkan keistimewaan di sisi Allah Swt.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research), dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul, kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif, setelah itu peneliti menarik suatu kesimpulan dengan merangkum semua hasil wawancara dari narasumber, observasi, dokumentasi.
Dari hasil pembahasan menunjukkan bahwa yang menjadi problematika menghafal surat-surat pilihan di TPA Nurul Yaqin Desa Labu terdiri dari alokasi waktu yang kurang, saran dan prasarana yang belum mencukupi, santri yang kurang lancar membaca Al-Qur’an, malas, dan juga bosan. Selain itu, kesulitan untuk membagi waktu menghafal saat di rumah, pengaruh gadget dan teman bermain juga menjadi problem santri dalam menghafal surat-surat pilihan. Selain itu, tenaga pendidikpun masih memiliki problem yaitu dari sistem mengajar yang belum baik dengan terlihat belum mampu menguasai kelas. Adapun untuk solusi dalam permasalahan ini yaitu dengan memanfaatkan waktu seoptimal mungkin, melakukan jam pelajaran tambahan, memberikan motivasi kepada santriwan/santriwati, menjalani komunikasi antara orang tua dan murid, serta memberikan ketegasan kepada santri agar mereka selalu disiplin dalam membagi waktu untuk menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: problematika; menghafal; surat-surat pilihan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: DAHLIA DAHLIA
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:08
Last Modified: 09 Jun 2023 09:08
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item
View Item