Oktorina, Winda (2022) Peran guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam Pembelajaran PAI di SMP 03 Simpang Rimba. KODEPRODI86208#PendidikanAgamaIslam, Institut Agama Islam Negeri syaikh Abdurrahman siddik. (Unpublished)
BAB 1 1811234.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (828kB) | Request a copy
BAB 2 1811234.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (990kB) | Request a copy
BAB 3 (3) 1811234.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (723kB) | Request a copy
BAB 4 1811234.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (967kB) | Request a copy
BAB 5 1811234.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (597kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA-1811234.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (406kB) | Request a copy
HALAMAN AWAL-1811234.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, apalagi pendidikan agama, karena pendidikan agama merupakan pelajaran untuk melatih siswa dalam bersikap dan bertingkah laku, terutama dalam keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan agama islam mempunyai dua aspek penting, aspek pertama ditunjukan kepada jiwa atau pembentukan kepbribadian anak dan yang kedua ditunjukan kepada pikiran agama islam itu sendiri. Dalam dunia pendidikan, keberhasilan pencapaian tujuannya bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik, untuk itu keberhasilan belajar siswa tergantung dari proses kegiatan belajar mengajar. Keberhasilan siswa dalam belajar dapat ditinjau dari perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai-nilai dalam diri anak didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui seberapa penting peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP 03 Simpang Rimba. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap guru PAI dan peserta didik. Sedangkan analisi data, penelitian ini menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarka hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ; peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sudah baik, guru berperan sebagai motivator yaitu selalu memberikan pujian kepada peserta didiknya yang rajin dan mampu menjawab pertanyaan serta memberi dukungan kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Selain itu faktor penghambat yang di alami guru yaitu faktor lingkungan dan faktor teknologi yang semakin canggih. Dan faktor pendukung terdapatr faktor internal yaitu dorongan motivasi yang ada di dalam diri peserta didik dan faktor eksternal yang dapat mendukung adalah guru, orang tua dan masyarakat.
Item Type: | Other |
---|---|
Keywords: | Peran guru dan keaktifan belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Winda Oktarina |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 05:36 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 05:36 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/688 |