Oktavia, Nini Karnila (2023) Hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMPN 5 Mendo Barat Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811258.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (832kB)
BAB I_1811258.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (563kB) | Request a copy
BAB II_1811258.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (415kB) | Request a copy
BAB III_1811258.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (500kB) | Request a copy
BAB IV_1811258.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (428kB) | Request a copy
BAB V_1811258.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (253kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811258.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (263kB) | Request a copy
Abstract
Abstract
Diambilnya penelitian ini karena berdasarkan pertimbangan bahwa keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar anaknya merupakan hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua demi keberhasilan belajar anaknya. Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain oleh keterlibatan orang tua terhadap belajar anaknya. Perbedaan keterlibatan orang tua dalam belajar anaknya dapat mengakibatkan prestasi belajar yang berbeda pada diri anaknya, seperti halnya keterlibatan orang tua dalam belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Mendo Barat kabupaten Bangka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan keterlibatan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Mendo Barat kabupaten Bangka yang berjumlah 45 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 45. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu keterlibatan orangtua, sedangkan variabel dependennya yaitu prestasi belajar PAI siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk data keterlibatan orangtua, dan dokumentasi untuk data prestasi belajar PAI siswa. Selanjutnya data yang terkumpul akan di uji menggunakan uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji linieritas, dan yang terakhir uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,006. Oleh karena 0,006 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | keterlibatan orang tua; prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan; filsafat pendidikan, pendidikan umum; pedadogy/pedagogi/pedagogik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nini Karnila Oktavia |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 03:44 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 03:44 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/676 |