Vanesha, Tiara Yora (2023) Penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui peran Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an Darussalam Permis. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syekh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811222.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
HALAMAN BAB I_1811222.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (220kB) | Request a copy
HALAMAN BAB II_1811222.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (257kB) | Request a copy
HALAMAN BAB III_1811222.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
HALAMAN BAB IV_1811222.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (679kB) | Request a copy
HALAMAN BAB V_1811222.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (63kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811222.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (155kB) | Request a copy
Abstract
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini mutlak dibutuhkan peran Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darussalam Permis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam, dan mengetahui faktor apa saja yang memepengaruhi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darussalam Permis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui peran Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darussalam Permis. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam santri dan santriwati di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darussalam Permis. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Kemudian pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam yang digunakan oleh guru di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darussalam Permis menggunakan beberapa metode diantaranya yaitu, metode pembiasaan, metode ceramah, metode keteladanan, dan metode metode diskusi. (2) Faktor yang memepengaruhi penanamannilai-nilai pendidikan Islam di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Darussalam permis terbagi menjadi 2 yaitu faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung ialah motivasi internal, orangtua, guru, lingkungan dan saran prasaran. Sedangkan faktor penghambat ialah kuranngya motivasi dari sendiri, orangtua, seringnnya kunjungan diluar jadwal yang ditetapkan, keterbatasan tenaga pengajar, pelanggaran tata tertib dan fasilitas yang kurang memadai.
Kata-kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penanaman nilai-nilai pendidikan islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.3 Ibadah Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Tiara Yora Vanesha |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:21 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:21 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/667 |