Dari, Ulan (2023) Peran guru bimbingan konseling dalam mengarahkan peserta didik melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di SMA Negeri 1 Kepulauan Pongok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _ 1815075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I _1815075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB II 1815075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
BAB III_1815075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV _ 1815075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
BAB V _1815075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (937kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_ 1815075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk faktor yang mempengaruhi peserta
didik dalam melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan peran
guru bimbingan konseling dalam mengarahkan peserta didik melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di SMA Negeri 1 Kepulauan Pongok.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini ada 8 orang yaitu
guru bimbingan konseling, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru
bidang studi, 4 peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Kepulauan Pongok.
Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yaitu faktor yg mempengaruhi peserta didik dalam melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi terdiri dari 3 yaitu faktor
minat peserta didik, faktor internal, faktor eksternal. Peran guru bimbingan konseling yaitu sebagai informator adalah guru berperan menyampaikan informasi terkait pemilihan orientasi kerja dan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, peran sebagai motivator adalah memberikan semangat, membangun minat dalam melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, sebagai inisiator adalah sebagai pengarahan perilaku positif peserta didik berupa karakter peserta didik, peran sebagai fasilisator adalah memberikan fasilitas dan mempermudah peserta didik, dan evaluator memberikan penilaian prilaku peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | guru bimbingan konseling; perserta didik; perguruan tinggi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | ULAN DARI |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 06:36 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 06:36 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/652 |