Yollanda, Olivia Christina (2023) Implementasi metode diskusi dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI IIS 2 di MAN I Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (327kB) | Request a copy
BAB II_1811151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (603kB) | Request a copy
BAB III_1811151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (289kB) | Request a copy
BAB IV_1811151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (531kB) | Request a copy
BAB V_1811151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (264kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811151.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (288kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Metode diskusi adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang pendidik di sekolah. Diskusi dapat menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik dapat memecahkan suatu masalah, bertukar pendapat dalam mengikuti pembelajaran secara aktif dan dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI IIS 2 di MAN I Pangkalpinang, dan untuk mengetahui hasil implementasi metode diskusi dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI IIS 2 di MAN I Pangkalpinang.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif karena sumber data data utama ialah penelitian yang berupa kata-kata dan tindakan orang yang diamati atau diwawancarai dan memberikan kebenaran hasil penelitian dengan cara mendeskripsikan data dan memaparkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, melalui kata-kata, dokumentasi serta gambar-gambar.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pendidik mengimplementasikan metde diskusi dengan cara memlakukan pembagian kelompok, pembagian materi, sesi tanya jawab, pemberian hukuman, pendidik memberikan kesimpulan dan pendidik melakukan penilaian. Metode diskusi dalam meningkatkan disiplin belajar dapat dilihat dari penilaian harian bahwa menggunakan metode diskusi ada peningkatan disiplin belajar mata pelajaran akidah akhlak dari nilai penilaian harian (NPH) menggunakan metode diskusi yaitu mendapat nilai diatas KKM sebanyak 26 peserta didik dan mendapatkan nilai dibawah KKM sebanyak 4 peserta didik. Dan nilai penilaian harian (NPH) menggunakan metode ceramah yang mendapatkan nilai diatas KKM sebanyak 21 peserta didik dan yang mendapat nilai dibawah KKM sebanyak 9 peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode diskusi; disiplin belajar; akidah akhlak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | olivia Christina Yollanda |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:17 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:17 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/640 |