Cahyani, Nabila Puspita (2022) Pelaksanaan layanan bimbingan akademik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.
HALAMAN AWAL_1815043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (680kB)
BAB I_1815043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (158kB)
BAB II_1815043.docx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (203kB)
BAB III_1815043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (62kB)
BAB IV_1815043.docx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (93kB)
BAB V_1815043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (35kB)
DAFTAR PUSTAKA_1815043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (34kB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pelaksanaan layanan bimbingan akademik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 4 Muntok. Penelitian ini dilakukan atas hasil kajian dan pengamatan dari proses pelaksanaan layanan bimbingan akademik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 4 Muntok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk dan proses pemberian bimbingan akademik di SMP Negeri 4 Muntok.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang memberikan hasil pengumpulan data digunakan peneliti berupa wawancara dengan guru BK dan dengan Siswa kelas VIII yang bermasalah. Observasi dalam bentuk non partisipan, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan akademik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SMP Negeri 4 Muntok menggunakan bentuk layanan bimbingan konseling individu dan menggunakan bentuk layanan bimbingan konseling kelompok. Melalui tahap analisis kebutuhan, tahap perencanaan, aksi pemberian layanan, evaluasi, dan tindak lanjut. Layanan dilaksanakan oleh guru BK berdasarkan program yang sudah ada. Dari hasil proses pemberian layanan akademik ini yang terlihat lebih maksimal menggunakan layanan bimbingan akademik menggunakan bentuk layanan konseling individu dari pada menggunakan layanan konseling kelompok. Oleh karena itu siswa kelas VIII yang bermasalah diberikan tindak lanjut bimbingan akademik dengan menggunakan bentuk layanan konseling secara individu serta bekerja sama dengan wali murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pelaksanaan; bimbingan akademik; kesulitan belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nabila Puspita Cahyani |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:04 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:07 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/639 |