Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kontrol diri pada peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Mendo Barat

Novianti, Nadia (2022) Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kontrol diri pada peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1715014 .pdf] Text
HALAMAN AWAL_1715014 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (694kB)
[thumbnail of BAB I_1715014.pdf] Text
BAB I_1715014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1715014.pdf] Text
BAB II_1715014.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1715014.pdf] Text
BAB III_1715014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV _ 1715014.pdf] Text
BAB IV _ 1715014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V _1715014.pdf] Text
BAB V _1715014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1715014.pdf] Text
Daftar Pustaka_1715014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional menurut Goleman merupakan suatu kondisi mental yang melibatkan aspek biologis, psikologis, maupun kecenderungan untuk bertindak. Keterkaitan antara emosi dengan perilaku seseorang menuntut kemampuan individu untuk dapat mengelola emosi dengan baik. Kecerdasan emosional sangat dipengaruhi oleh lingkungan, tidak bersifat menetap, dapat berubah-ubah setiap saat. Adapun masalah yang sering muncul pada peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 1 Mendo Barat yaitu mudah marah, tidak mampu berdiskusi dengan teman sejawatnya karena perbedaan pendapat sehingga menimbulkan pertengkaran, kurangnya kesadaran diri peserta didik dalam mengerjakan tugas kelompok, sering mengejek, serta bertemperemental tinggi, tidak menyelesaikan tugas pada waktu yang ditentukan, mudah terpengaruh oleh teman sebaya, datang terlambat, bolos sekolah. Tujuan penelitian ini adalah, pertama untuk menjelaskan kecerdasan emosional peserta didik. Kedua, untuk menjelaskan kemampuan kontrol diri peserta didik. Ketiga, untuk menjelaskan adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan kontrol diri peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Mendo Barat.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni korelasional, dengan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua angket yaitu angket untuk kecerdasan emosional dan angket untuk kontrol diri. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Mendo Barat dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan kontrol diri peserta didik. Dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan korelasi product moment dengan hasil signifikan yang menunjukkan sig 0,011 < 0,05, juga dapat dilihat dari membandingkat r hitung dengan r tabel sebesar 0,286 > 0,208. Jadi dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kontrol diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kecerdasan emosional; kontrol diri
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nadia Novianti
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:25
Last Modified: 08 Jun 2023 03:25
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item
View Item