Valenia, Widhi Mille (2023) Komparasi prestasi belajar pendidikan agama Islam antara mahasiswa lulusan SMK dengan lulusan SMA pada prodi PAI semester 3 IAIN SAS Babel. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811229.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811229.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (229kB) | Request a copy
BAB II_1811229.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB) | Request a copy
BAB III_1811229.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (113kB) | Request a copy
BAB IV_181229.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (149kB) | Request a copy
BAB V_ 1811229.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (62kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811229.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (158kB) | Request a copy
Abstract
Prestasi belajar merupakan sebuah tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam menentukan keberhasilannya dalam proses pembelajaran. Bagi mahasiswa lulusan SMK dan lulusan SMA tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai untuk masuk ke Perguruan Tinggi Islam karena materi yang diberikan sekolah umum berbeda dengan sekolah yang berbasis Islam. Prestasi belajar mahasiswa lulusan sekolah umum juga tidak begitu mencolok di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal itu dikarenakan mahasiswa kurang aktif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga membuat mahasiswa sulit untuk memahami mata kuliah yang ada di perguruan tinggi yang berbasis Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam baik mahasiswa lulusan SMK maupun lulusan SMA dan juga ingin melihat apakah terdapat perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara jenuh. Teknik pengumpulan data melalui tes, uji hipotesis dengan menggunakan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22.0
Dari perhitungan penggunakan SPSS versi 22.0 yang menggunakan Independent Sample Tes diperoleh data yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara lulusan SMK dan SMA pada prodi PAI semester 3 IAIN SAS BABEL. Dibuktikan dengan nilai thitung> ttabel yaitu 4.402 > 1,686 dan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,008 artinya 0,008 < 0,05 maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan perbandingan nilai hasil ujian Pendidikan Agama Islam mahasiswa SMK dan SMA pada prodi PAI semester 3 IAIN SAS BABEL, yaitu untuk SMK sebesar 82,75 dalam kategori baik dan untuk lulusan SMA sebesar 88,90 yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan selisih sebesar 6,15.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | komparasi prestasi belajar; prestasi belajar pendidikan agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.9 Sejarah Pendidikan, Lokasi Geografis Tertentu Pendidikan, pendidikan komparatif, perbandingan pendidikan, Ahli Pendidikan, Tokoh Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Widhi Mille Valenia |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 04:26 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 04:26 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/571 |