Fadilla, Meyrisa Nur (2023) Metode bimbingan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan anak di Panti Asuhan Aisyiyah Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal-1921027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I-1921027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (396kB) | Request a copy
BAB II-1921027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (465kB) | Request a copy
BAB III-1921027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (406kB) | Request a copy
BAB IV-1921027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (393kB) | Request a copy
BAB V-1921027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (266kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA -1921027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (374kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi bahwasanya salah satu aspek dari keberhasilan seseorang adalah disiplin, dimana disiplin adalah salah satu hal yang penting untuk perkembangan diri seorang anak. Cara ciptakan kedisiplinan pada anak salah satunya, dengan memberi hukuman supaya anak tidak melanggar aturan yang telah ditentukan. Kedisiplinan adalah metode yang telah disesuaikan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Kemudian yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode bimbingan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan anak dan hasil dari metode bimbingan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan anak. Tujuan untuk mengetahi metode yang dipakai dalam meningkatkan kedisiplinan anak dan hasil dari menggunakan metode bimbingan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menyatakan metode bimbingan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan anak yaitu metode grup, metode ceramah, metode nasihat atau cerita, metode pencerahan atau arahan. Kemudian hasil dari menggunakan metode grup yaitu meningkatkan rasa tanggung jawab dan rasa solidaritas, metode ceramah yaitu meningkatkan pengetahuan tentang agama islam, metode nasihat atu cerita yaitu meningkatkan akhlak anak dan mempunyai karakter yang baik, metode pencerahan atau arahan yaitu membentuk kepribadian anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode bimbingan agama Islam; meningkatkan kedisiplinan; dan panti asuhan aisyiyah |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Meyrisa Nur Fadilla |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 04:10 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 04:10 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/570 |