Fitriani, Dewi (2022) Strategi guru pembimbing tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an santri pondok pesantren tahfidz Qur'an di Desa Permis. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awall-1811049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I 1811049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (534kB) | Request a copy
BAB II 1811049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (607kB) | Request a copy
BAB III 1811049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB) | Request a copy
BAB IV 1811049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (575kB) | Request a copy
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (378kB) | Request a copy
Daftar pustaka 1811049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (520kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Menghafal Al-Qur'an bagi seorang santri tidaklah mudah, terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat proses peningkatkan hafalan Al-Qur'an. maka itu, guru pembimbing tahfidz membuat beberapa strategi yang dapat memudahkan santri dalam menghafal Al-Qur'an. tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru pembimbing tahfidz qur'an darussalam di desa permis dalam meningkatkan hafalan al-qur'an.
Subyek penelitian ini adaalh guru pembimbing tahfidz dan santri. teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian data yang diperoleh dilapangan dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru pembimbing tahfidz qur'an darussalam di desa permis dengan membentuk beberapa kelompok, menggunakan metode menghafal al-qur'an, peneraapn sistem muroja'ah, setoran hafalan setiap hari selesai shalat subuh atau dzuhur, pemberian hadiah atau hukuman, menerapkan shalat tahajud dan memberikan motivasi. faktor pendukung : santri memiliki motivasi yang tinggi, memiliki teman yang baik, lingkungan sekitar. sedangkan faktor penghambat adalah adanya rasa bosan santri dalam menghafal al-qur'an, kesehatan santri yang kurang baik, banyak berbuat maksiat, adab berinteraksi dengan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tujuan instruksional; strategi santri; meningkatkan hafalan al-qur'an |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dewi Laksohari |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:32 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:32 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/561 |