Triyono, Rochmat (2023) Efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dan implikasinya pada prestasi belajar peserta didik inklusi di SDIT Alam Biruni Sungailiat Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_ 1811264.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811264.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (341kB) | Request a copy
BAB II_1811264.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (331kB) | Request a copy
BAB III_1811264.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
BAB IV_1811264.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V_1811264.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (85kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811264.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (125kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berjudul hubungan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam Tterhadap prestasi belajar peserta didik inklusi di SDIT Alam Biruni Sungailiat Bangka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik inklusi di SDIT Alam Biruni Sungailiat Bangka.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan datanya menggunakan variabel program pendidikan inklusi dan hasil prestasi belajar pendidikan agama Islam, Oleh karena itu fokus penelitian ini adalah pada pelaksanaan program pendidikan inklusi di SDIT Alam Biruni dan hasil prestasi belajar peserta didik inklusi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan sumber data kepala sekolah, koordinator inklusi dan guru pendamping khusus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi yang dilakukan pada bulan Pebruari sampai dengan April 2022 dan juga mengumpulkan bahan berupa foto kegiatan, rapor siswa inklusif.
Hasil program pendidikan inklusi di SDIT Alam Biruni adalah terbukti cukup efektif dalam membantu peserta didik hingga tercapainya nilai minimal mata pelajaran pendidikan agama Islam yang akirnya sekolah tersebut sebagai jembatan bagi peserta didik Inklusi memberdayakan mereka untuk dapat bersosialisasi dan menerima kekurangan dirinya sendiri dengan baik dan memaksimalkan potensi diri mereka. Program pendidikan inklusif di SDIT Alam Biruni Sungailiat dinilai sudah cukup efektivitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar para siswanya termasuk siswa inklusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | program pendidikan inklusif; prestasi belajar pendidikan agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rochmat Triyono |
Date Deposited: | 31 May 2023 10:08 |
Last Modified: | 31 May 2023 10:08 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/525 |