Pramuja, Pramuja (2023) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddiq.
Halaman Awal_1811154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811154.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB) | Request a copy
BAB II_1811154.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (767kB) | Request a copy
BAB III_1811154.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (772kB) | Request a copy
BAB IV_1811154.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (707kB) | Request a copy
BAB V_1811154.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (134kB) | Request a copy
Daftar pustaka_1811154.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (360kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan agama Isam bertujuan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan, dan pengaaman peserta didik tentang Agama Islam. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam belajar adalah minat. Dengan adanya minat peserta didik agar belajar lebih keras, ulet, tekun dan memiliki konsentrasi penuh dalam proses belajar mengajar. dan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik bisa menurun dikarenakan beberapa faktor salah satunya faktor keseringan menggunakan gadget. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Berdasarkan anaisis data yang diambil tentang pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 dan sampenya adalah peserta didik kelas VII sebanyak 7 kelas dengan jumlah popuasi sebanyak 226 dan 143 yang dijadikan sampel dengan pengambilan sampel. Adapun data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan Teknik angket kuisioner dan dokumentasi.
Hasi penelitian ini dapat disimpukan bahwa: Pertama, intensitas penggunaan gadget peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Muntok didominasi pada kategori sedang dengan persentase sebesar 42,7% dari jumlah sempe sebesar 143 peserta didik. Kedua, minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Muntok didominasi pada kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 36% dari jumah sempe sebesar 143 peserta didik. Ketiga, dengan nilai signifikansi regresi linier sederhana sebesar 0,016 < 0,05 maka dipastikan terdapat pengaruh dari intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Muntok, pengaruh yang ditumbukan adalah pengaruh negatif sebesar 4,1% yang dapat menurunkan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengaruh; gadget; minat belajar pendidikan agama islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Pramuja Pramuja |
Date Deposited: | 26 May 2023 02:59 |
Last Modified: | 26 May 2023 02:59 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/517 |