Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pelaksanaan evaluasi program hafalan Qur'an dengan metode Talaqqi di MIN 3 Bangka

Anggreini, Asysifa Aulia (2020) Pelaksanaan evaluasi program hafalan Qur'an dengan metode Talaqqi di MIN 3 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (32MB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah 1) letak geografis yang menjadikan MIN 3 Bangka diminati kalangan masyarakat karena Madrasah Ibtidaiyah Negeri adalah sekolah berbasis Islam pertama yang berdiri di daerah Labu, Puding Besar. 2) Program tahfidz Qur’an adalah program ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengevaluasi contexs,input,procees dan product program tahfidz Qur’an di MIN 3 Bangka.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk evaluatif, dalam penelitian ini menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil evaluasi dari Context program tahfidz Qur’an MIN 3 Bangka menunjukkan bahwa program memiliki tujuan yang belum tercapai. 2) hasil evaluasi input program tahfidz Qur’an diketahui bahwa kompetensi yang dimiliki guru tahfidz sesuai karena mempunyai hafalan dan kemampuan dalam pemahaman membaca Al- Qur’an, sedangkan peserta didik dalam mengikuti program tahfidz ini memiliki antusias menghafal yang tinggi. Selain itu program ini didukung dengan sarpras yang baik, terlebih dengan adanya buku kendali yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. 3) hasil evaluasi process program tahfidz Qur’an menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan pembelajaran tahfidz Qur’an berjalan lancar dan sesuai dengan yang telah direncanakan.Yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tahf ^dz Qur’an yaitu kurangnya waktu peserta didik dalam menghafal serta keterbatasan waktu yang dimiliki karena harus terbagi dengan jadwal TPA. Kesimpulan: Program tahfidz Qur’an di MIN 3 Bangka telah berjalan dengan rencana yang telah ditetapkan, walaupun dalam pelaksanaannya ada beberapa hambatan yang harus diperbaiki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: evaluasi; program; dan metode talaqqi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Randa Wicaksono
Date Deposited: 24 May 2023 07:24
Last Modified: 24 May 2023 07:24
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item