Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penggunaan game online terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali

Hidayat, Arif (2020) Pengaruh penggunaan game online terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of 10.BAB I.pdf] Text
10.BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of 11.BAB II.pdf] Text
11.BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[thumbnail of 12.BAB III.pdf] Text
12.BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[thumbnail of 13.BAB IV.pdf] Text
13.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[thumbnail of 14.BAB V.pdf] Text
14.BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[thumbnail of 15.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)

Abstract

Semakin pesatnya kemajuan pada era teknologi yang serba digital saat ini, kita tidak akan asing lagi ketika mendengar kata game online. Game online yang populer dimainkan oleh kalangan remaja dan peserta didik tentu akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian pada peserta didik yang bermain game online untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diakibatkan oleh penggunaan game online terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk analisis deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket skala likert dan tes soal, sedangkan teknik pengolahan datanya menggunakan bantuan SPSS versi 22.0 dengan menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa skor rata-rata penggunaan game online (X) adalah tinggi, yaitu 55,04. Sedangkan rata-rata nilai uji tes soal (Y) rendah, yaitu 45,46. Dari hasil pengolahan SPSS didapat nilai t hitung > t tabel (2,847 > 1,675) dan nilai sig < 0,05 (0,006 < 0,05) serta besaran presentase pengaruh penggunaan game online terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali yaitu 13%, sedangkan sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Dengan demikian dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan game online terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: game online; prestasi belajar pendidikan agama islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Randa Wicaksono
Date Deposited: 24 May 2023 05:02
Last Modified: 24 May 2023 05:02
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item
View Item