Hidayat, Arif (2020) Pengaruh penggunaan game online terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
10.BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (251kB)
11.BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
12.BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
13.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (594kB)
14.BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (215kB)
Abstract
Semakin pesatnya kemajuan pada era teknologi yang serba digital saat ini, kita tidak akan asing lagi ketika mendengar kata game online. Game online yang populer dimainkan oleh kalangan remaja dan peserta didik tentu akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian pada peserta didik yang bermain game online untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diakibatkan oleh penggunaan game online terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk analisis deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket skala likert dan tes soal, sedangkan teknik pengolahan datanya menggunakan bantuan SPSS versi 22.0 dengan menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa skor rata-rata penggunaan game online (X) adalah tinggi, yaitu 55,04. Sedangkan rata-rata nilai uji tes soal (Y) rendah, yaitu 45,46. Dari hasil pengolahan SPSS didapat nilai t hitung > t tabel (2,847 > 1,675) dan nilai sig < 0,05 (0,006 < 0,05) serta besaran presentase pengaruh penggunaan game online terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali yaitu 13%, sedangkan sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Dengan demikian dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan game online terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Toboali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | game online; prestasi belajar pendidikan agama islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 24 May 2023 05:02 |
Last Modified: | 24 May 2023 05:02 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/510 |