Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh game online terhadap minat belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Mendo Barat

Trisari, Nurlaela (2023) Pengaruh game online terhadap minat belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL-1815047.pdf] Text
HALAMAN AWAL-1815047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (847kB)
[thumbnail of BAB I-1815047.pdf] Text
BAB I-1815047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II-1815047.pdf] Text
BAB II-1815047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III-1815047.pdf] Text
BAB III-1815047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV-1815047.pdf] Text
BAB IV-1815047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V-1815047.pdf] Text
BAB V-1815047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-1815047.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-1815047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pengaruh game online terhadap minat belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Mendo Barat. Pada masa pandemi Covid-19 proses pembelajaran siswa daring, siswa belajar dirumah sehingga banyak menggunakan gadget tanpa adanya pengawasan dari orang tua sehingga mereka bebas menggunakan gadget sepuasnya untuk memainkan game online atau hal lainnya. dan ada beberapa siswa yang terpengaruh oleh game online akibatnya yaitu menimbulkan ketidakseimbangan dalam proses pembelajaran, antara lain mengantuk ketika belajar, kurang fokus dalam menerima pembelajaran. Salah satunya berdampak pada minat belajar siswa yaitu timbulnya rasa malas terhadap pembelajaran yang di beri oleh guru di sekolah, serta kurang cepat dan tanggap dalam menerima materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Mendo Barat.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode pendekatan asosiatif kausal yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada siswa di kelas XI di SMK Negeri 1 Mendo Barat dengan teknik regresi linier sederhana. Sedangkan analisis data melalui beberapa tahapan yakni uji prasyarat, uji analisis data, serta uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara game online terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Mendo Barat. Hal tersebut dapat dilihat dari persamaan regresi linier sederhana pada penelitian yakni Y = 27,387 + 0,685X, yang artinya jika tidak ada game online maka minat siswa sebesar 27,387. Jika pertambahan game online 1% maka nilai minat belajar siswa bertambah sebesar 0,685. Serta nilai koefisien determinasi sebesar 33,4% maka minat belajar siswa yang dipengaruhi oleh game online sebesar 66,6% serta dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: game online; minat belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan; filsafat pendidikan, pendidikan umum; pedadogy/pedagogi/pedagogik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nurlaela Trisari
Date Deposited: 24 May 2023 04:38
Last Modified: 24 May 2023 04:38
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item